1.
Pengertian Sistem Multimedia
Multimedia : Adalah
beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi
dalam bentuk Text,Audio,Grafik,Animasi dan Video atau bisa juga di katakan
kombinasi antara tiga elemen yaitu suara,gambar dan text
Sistem : Adalah kumpulan
dari elemen – elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Sistem Multimedia : Adalah
beberapa sistem yang mendukung lebih dari satu macam media.
Suatu sistem bisa di katakan Sistem
multimedia adalah apabila:
·
Adanya kombinasi media : yaitu jika kedua jenis media
(continuous/ Discrete) dipakai.Contoh media diskrit : teks
dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
·
Adanya Independensi/Kemandirian dalam suatu sistem : yaitu Aspek utama dari
jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem
disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media
tersebut rendah.
·
Komputer yang terintegrasi /Computer-supported Integration : Sistem harus
dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram
oleh system programmer/ user.
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
1. Sistem Multimedia
Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor,LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor,LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2. Sistem Multimedia
Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.
·
Pemanfaatan Multimedia
Multimedia dimanfaatkan dalam dunia
pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media
pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis,
multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan
sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup
media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak
video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran
(suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau
yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur
kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan
dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi
membangkitkan perasaan realistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia
sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan
perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitalizing bau
tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat
output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan
berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau
yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan
printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta.
Output bukan berupa cetakan melainkan berupa aroma.
·
Multimedia Pembelajaran
Multimedia terbagi menjadi dua kategori,
yaitu : multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah
suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat
dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan),
contohnya : TV dan film. Pemanfaatan multimedia sangatlah banyak diantaranya
untuk media pembelajaran, game, film, medis, militer, bisnis, desain,
arsitektur, olahraga, hobi, iklan/promosi, dll (Wahono, 2007). Bila pengguna
mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut, maka hal ini
disebutMultimedia interaktif.
Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai
proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Jadi
dalam pembelajaran yang utama adalah bagaimana siswa belajar. Belajar dalam
pengertian aktifitas mental siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan
perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan. Dengan demikian aspek yang
menjadi penting dalam aktifitas belajar adalah lingkungan. Bagaimana lingkungan
ini diciptakan dengan menata unsur-unsurnya sehingga dapat mengubah perilaku
siswa. Dari uraian di atas, apabila kedua konsep tersebut kita gabungkan maka
multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi multimedia yang
digunakan dalam proses pembelajaran, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan
(pengetahuan, keterampilan dan sikap) serta dapat merangsang pilihan, perasaan,
perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar
terjadi, bertujuan dan terkendali.
Secara keseluruhan, multimedia terdiri
dari tiga level (Mayer, 2001) yaitu :
- Level
teknis, yaitu multimedia berkaitan dengan alat-alat teknis ; alat-alat ini
dapat diartikan sebagai wahana yang meliputi tanda-tanda (signs).
- Level
semiotik, yaitu representasi hasil multimedia seperti teks, gambar,
grafik, tabel, dll.
- Level
sensorik, yaitu yang berkaitan dengan saluran sensorik yang berfungsi
untuk menerima tanda (signs)
1.1 Jenis – Jenis Multi Media
Multimedia, yang
juga banyak dikenal dengan istilah many-media, secara sederhana dihubungkan
dengan utilisasi (pendaya-gunaan) dari media atau kombinasi dari media-media
yang tepat untuk topik tertentu dalam rangka untuk memaksimalkan kelancaran
komunikasi.
Pada
perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis yaitu
•
Multimedia
Linier
•
Multimedia
Interaktif.
Pengembangan Bidang Multimedia
•
Berikut
ini beberapa bidang pengembangan Multimedia
•
1.
Bidang Instructional Designer,
meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter,
Certification procedure, Learning Strategy
•
2. Bidang Art Designer, meliputi: Graphic
Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play
template, Sound Recording, Animated Object
•
3.
Bidang Software Engineer, meliputi: Development Process, Development
Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance
Dalam Proses
pembuatan Multimedia atau Multimedia Production banyak melibatkan hal
yang sama seperti pada proses pembuatan film diantaranya:
•
Story
board capturing
•
Storyboard
Making
•
Graphics
Production
1.2 Manfaat
– Manfaat Multimedia
Multimedia dapat
digunakan dalam:
•
Bidang
periklanan yang efektif dan interaktif
•
Bidang
pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat
mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video,
animasi, teks, dan grafik
•
Bidang
jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik,
informatif, dan interaktif
1.3 Pengaruh
Multimedia
Multimedia
merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal
ini multimedia mampu:
•
Mengubah
tempat kerja. Dengan
adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus
dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting:
Netmeeting!
•
Mengubah
cara belanja.
Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian
barang datang dengan sendirinya.
•
Mengubah
cara bisnis. Nokia
membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli
online, bank menggunakan cara online-banking.
•
Mengubah
cara memperoleh informasi.
Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari
informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software
kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
•
Mengubah
cara belajar. Sekolah
mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
•
Internet
Multimedia juga mulai
bersaing dengan televisi dan radio.
1.4 Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen
dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol
bekerjanya system multimedia. Perangkat lunak ini digologkan menjadi tiga
bagian, yaitu
•
bahasa
pemrograman multimedia,
•
perangkat
lunak system multimedia
•
dan
perangkat lunak aplikasi multimedia.
Bahasa
pemrograman multimedia adalah bahasa computer yang digunakan programmer untuk
membuat aplikasi multimedia. Contohnya
•
Assembly,
•
C,
C++,
•
Power
Builder, Delphi, SQL, Visual Basic,
•
Flash
Programmer dan Java.
Perangkat
Lunak multimedia dibagi 2 yaitu sebagai berikut :
- Perangkat
Lunak System (Sytem Software)
Perangkat ini terdiri dari system operasi (operating
system) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows XP,
Windows Vista, UNIX, Linux dan Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi
utilitas (utility application) seperti aplikasi anti virus.
2. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
a.
Perangkat Lunak Pengolah Teks
b.
Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi Pengolah grafik 2D dibagi menjadi :
Grafik 2D Vektor misalnya corel draw,
macromedia freehand, adobe illustrator, open draw dll
Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Jast Paint shop pro, - Animasi, misalnya : Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll.
Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Jast Paint shop pro, - Animasi, misalnya : Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll.
c. Perangkat
Lunak pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D Contoh aplikasi animasi dan modeling 3D,
misalnya : 3D studio maks, blender,
maya, Softimage, Lighware dll.
d. Perangkat
Lunak Authoring Multimedia
e. .
Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
1.5 Alat – Alat Multi Media
Beberapa Alat –alat yang digunakan dalam Multimedia di
tampilkan pada Gambar sebagai Berikut :
a.
Keyboard
b.
PC
units
c.
Notebook
d.
CD
e.
Mikropon
f.
Speaker
g.
Monitor
h.
Scanner
i.
Printer
j.
Kamera
digital
k.
Video
cassete recorder
l.
Tape
recorder
2. Desain Sistem Multimedia
Dalam
mendesain suatu sistem media, terdapat tiga hal pokok yang harus
dipertimbangkan, yaitu:
•
Media
yang paling tepat untuk suatu task
•
Lingkungan
yang tepat untuk media tersebut
•
Efek
yang diharapkan dengan mengkombinasikan media-media tersebut
Memilih media yang tepat dalam desain multimedia
Gunakan media
audio jika:
•
Informasi
sederhana
•
Informasi
pendek
•
Informasi
hanya dibutuhkan saat itu
•
Informasi
berisi event dalam waktu
•
Informasi
yang dibawakan membutuhkan respon langsung
•
Sistem
visual dari manusia terlalu sibuk
•
Lokasi
terlalu gelap atau terlalu terang
•
Manusia
harus terus bergerak dalam melakukan tugasnya
Gunakan media
visual jika:
Informasi kompleks
Informasi panjang
Informasi masih dibutuhkan beberapa saat kemudian
Informasi berisi lokasi dalam ruang
Informasi yang dibawakan tidak membutuhkan respon
langsung
Sistem audio dari manusia terlalu sibuk
Lokasi terlalu bising
Manusia bisa tetap diam pada suatu posisi tertentu
dalam melakukan tugasnya.
2.1
Berbagai Aplikasi dalam multimedia
Aplikasi
multimedia dalam Bisnis meliputi:
•
Presentasi
, company profile
•
Pemasaran
(Telemarketing)
•
Periklanan
•
Demo
produk
•
Katalog
dll
Aplikasi
Multimedia dalam Pendidikan meliputi
•
Tutorial
•
Simulasi
dan pelatihan
•
E-Learning dll
Aplikasi
Multimedia dalam Hiburan meliputi
•
Games;
virtual game, virtual driving
•
Film
: animasi
•
Olah
raga dan hobi
•
Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang
tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll)
Aplikasi
kepentingan publik atau institusi
•
Militer
•
Pariwisata
•
Kesehatan
seperti animasi penunjuk kesehatan dll
Contoh Aplikasi Multimedia dalam Jaringan WWW.YOUTUBE.COM
2.2 Masa
Depan Multimedia
Untuk kedepannya implementasi teknologi multimedia
tergantung pada teknologi seperti :
•
Sistem
perancangan grafis komputer
•
Sistem
operasi dan teknik implementasi
•
Sistem
Jaringan (network)
•
Content
Management Sytem
•
HCI
(Human Computer Interaction)
Konversi multimedia ke depan
Berikut ini
beberapa teknologi multimedia yang terus berkembang pesat:
•
Video
•
Digital
video
•
Digitalization
•
ASF
(Advanced System Format)
•
MPEG
(Motion Picture Expert Group)
•
DivX
•
dsb
2.3
Contoh pengembangan kedepan dalam multimedia
A. Virtual
reality
•
teknologi
yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata
dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi
sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
•
Sistem
seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang
awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh,
pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi
penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
•
Untuk
mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality
menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter.
gan mau nanya, gimana kalo dengan sistem multimedia wireless? makasih
ReplyDeleteizin copy buat makalah
ReplyDeleteThanks, ini sangat membantu saya untuk referensi mengerjakan tugas saya. Semoga sukses selalu untukmu, Aamiin..
ReplyDeleteThis is very interesting content! I have thoroughly enjoyed reading your points and have come to the conclusion that you are right about many of them. You are great. video production companies Miami
ReplyDeletePositive site, where did u come up with the information on this posting? I'm pleased I discovered it though, ill be checking back soon to find out what additional posts you include. Fort Lauderdale videographer
ReplyDeletePositive site, where did u come up with the information on this posting?I have read a few of the articles on your website now, and I really like your style. Thanks a million and please keep up the effective work. orlando video production
ReplyDeleteI appreciated your work very thanks Video Production Tampa
ReplyDeletependik bosch klima servisi
ReplyDeleteümraniye vestel klima servisi
kartal bosch klima servisi
ümraniye bosch klima servisi
kartal arçelik klima servisi
ümraniye arçelik klima servisi
pendik vestel klima servisi
ataşehir bosch klima servisi
ataşehir arçelik klima servisi