SYSTEM MULTIMEDIA
HOME MULTIMEDIA HOBIKU APLIKASI PROFIL TIPS BLOG

Saturday, October 12, 2013

PENGANTAR SISTEM MULTIMEDIA

1.        Pengertian Sistem Multimedia
Multimedia  : Adalah beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk Text,Audio,Grafik,Animasi dan Video atau bisa juga di katakan kombinasi antara tiga elemen yaitu suara,gambar dan text
Sistem : Adalah kumpulan dari elemen – elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Sistem Multimedia : Adalah beberapa sistem yang mendukung lebih dari satu macam media.
Suatu sistem bisa di katakan Sistem multimedia adalah apabila:
·         Adanya kombinasi media : yaitu jika  kedua jenis  media (continuous/ Discrete) dipakai.Contoh media  diskrit :   teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
·         Adanya Independensi/Kemandirian dalam suatu sistem : yaitu Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah.
·         Komputer yang terintegrasi /Computer-supported Integration : Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.

Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
1. Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor,LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama.  Contoh:  video converence dan video broadcast Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.
·         Pemanfaatan Multimedia
Multimedia dimanfaatkan dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan perasaan realistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitalizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan berupa aroma.
·         Multimedia Pembelajaran
Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu : multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya : TV dan film. Pemanfaatan multimedia sangatlah banyak diantaranya untuk media pembelajaran, game, film, medis, militer, bisnis, desain, arsitektur, olahraga, hobi, iklan/promosi, dll (Wahono, 2007). Bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut, maka hal ini disebutMultimedia interaktif.
Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Jadi dalam pembelajaran yang utama adalah bagaimana siswa belajar. Belajar dalam pengertian aktifitas mental siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan. Dengan demikian aspek yang menjadi penting dalam aktifitas belajar adalah lingkungan. Bagaimana lingkungan ini diciptakan dengan menata unsur-unsurnya sehingga dapat mengubah perilaku siswa. Dari uraian di atas, apabila kedua konsep tersebut kita gabungkan maka multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan dan sikap) serta dapat merangsang pilihan, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.
Secara keseluruhan, multimedia terdiri dari tiga level (Mayer, 2001) yaitu :
  1. Level teknis, yaitu multimedia berkaitan dengan alat-alat teknis ; alat-alat ini dapat diartikan sebagai wahana yang meliputi tanda-tanda (signs).
  2. Level semiotik, yaitu representasi hasil multimedia seperti teks, gambar, grafik, tabel, dll.
  3. Level sensorik, yaitu yang berkaitan dengan saluran sensorik yang berfungsi untuk menerima tanda (signs)
1.1     Jenis – Jenis Multi Media
Multimedia, yang juga banyak dikenal dengan istilah many-media, secara sederhana dihubungkan dengan utilisasi (pendaya-gunaan) dari media atau kombinasi dari media-media yang tepat untuk topik tertentu dalam rangka untuk memaksimalkan kelancaran komunikasi.
Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis yaitu
•      Multimedia Linier
•      Multimedia Interaktif.
Pengembangan Bidang Multimedia
•      Berikut ini beberapa bidang pengembangan Multimedia
•      1. Bidang  Instructional Designer, meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy
•      2.  Bidang Art Designer, meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object
•      3. Bidang Software Engineer, meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance
Dalam Proses pembuatan Multimedia atau Multimedia Production banyak melibatkan hal yang sama seperti pada proses pembuatan film diantaranya:
•      Story board capturing
•      Storyboard Making 
•      Graphics Production

1.2     Manfaat – Manfaat Multimedia
Multimedia dapat digunakan dalam:
•      Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
•      Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
•      Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
1.3     Pengaruh Multimedia
Multimedia merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal ini multimedia mampu:
•      Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
•      Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
•      Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
•      Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
•      Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
•      Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

1.4     Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya system multimedia. Perangkat lunak ini digologkan menjadi tiga bagian, yaitu
•      bahasa pemrograman multimedia,
•      perangkat lunak system multimedia
•      dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
Bahasa pemrograman multimedia adalah bahasa computer yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya
•      Assembly,
•      C, C++,
•      Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic,
•      Flash Programmer dan Java.
Perangkat Lunak multimedia dibagi 2 yaitu sebagai berikut :
  1. Perangkat Lunak System (Sytem Software)
Perangkat ini terdiri dari system operasi (operating system) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux dan Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) seperti aplikasi anti virus.
2.      Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
a.       Perangkat Lunak Pengolah Teks
b.      Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Grafik 2D
 Aplikasi Pengolah grafik 2D dibagi menjadi :
 Grafik 2D Vektor misalnya corel draw, macromedia freehand, adobe illustrator, open draw dll                                                      
 Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Jast Paint shop pro,
                                       - Animasi, misalnya : Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll.
c.       Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D                                         Contoh aplikasi animasi dan modeling 3D, misalnya : 3D studio maks,  blender, maya, Softimage, Lighware dll.
d.      Perangkat Lunak Authoring Multimedia
e.      . Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web



1.5       Alat – Alat Multi Media
Beberapa  Alat –alat yang digunakan dalam Multimedia di tampilkan pada Gambar sebagai Berikut :
 


a.                   Keyboard
b.                  PC units
c.                   Notebook
d.                  CD
e.                   Mikropon
f.                   Speaker
g.                  Monitor
h.                  Scanner
i.                    Printer
j.                    Kamera digital
k.                  Video cassete recorder
l.                    Tape recorder

2. Desain Sistem Multimedia
Dalam mendesain suatu sistem media, terdapat tiga hal pokok yang harus dipertimbangkan, yaitu:
•      Media yang paling tepat untuk suatu task
•      Lingkungan yang tepat untuk media tersebut
•      Efek yang diharapkan dengan mengkombinasikan media-media tersebut

Memilih media yang tepat dalam desain multimedia
Gunakan media audio jika:
•      Informasi sederhana
•      Informasi pendek
•      Informasi hanya dibutuhkan saat itu
•      Informasi berisi event dalam waktu
•      Informasi yang dibawakan membutuhkan respon langsung
•      Sistem visual dari manusia terlalu sibuk
•      Lokasi terlalu gelap atau terlalu terang
•      Manusia harus terus bergerak dalam melakukan tugasnya
Gunakan media visual jika:
—  Informasi kompleks
—  Informasi panjang
—  Informasi masih dibutuhkan beberapa saat kemudian
—  Informasi berisi lokasi dalam ruang
—  Informasi yang dibawakan tidak membutuhkan respon langsung
—  Sistem audio dari manusia terlalu sibuk
—  Lokasi terlalu bising
—  Manusia bisa tetap diam pada suatu posisi tertentu dalam melakukan tugasnya.


2.1       Berbagai Aplikasi dalam multimedia
Aplikasi multimedia dalam Bisnis meliputi:
•      Presentasi , company profile
•      Pemasaran (Telemarketing)
•      Periklanan
•      Demo produk
•      Katalog dll
Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan meliputi
•      Tutorial
•      Simulasi dan pelatihan
•      E-Learning dll
Aplikasi Multimedia dalam Hiburan meliputi
•      Games; virtual game, virtual driving
•      Film : animasi
•      Olah raga dan hobi
•      Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll)
Aplikasi kepentingan publik atau institusi
•      Militer
•      Pariwisata
•      Kesehatan seperti animasi penunjuk kesehatan dll


 Contoh Aplikasi  Multimedia dalam Jaringan WWW.YOUTUBE.COM












2.2              Masa Depan Multimedia
Untuk kedepannya implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti :
•     Sistem perancangan grafis komputer
•     Sistem operasi dan teknik implementasi
•     Sistem Jaringan (network)
•     Content Management Sytem
•     HCI (Human Computer Interaction)


Konversi multimedia ke depan
 





Berikut ini beberapa teknologi multimedia yang terus berkembang pesat:
•      Video
•      Digital video
•      Digitalization
•      ASF (Advanced System Format)
•      MPEG (Motion Picture Expert Group)
•      DivX
•      dsb
2.3       Contoh pengembangan kedepan dalam multimedia
A. Virtual reality
•      teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
•      Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.  
•      Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter.



Posted by Unknown at 1:18 PM
Email ThisBlogThis!Share to XShare to FacebookShare to Pinterest

8 comments:

  1. UnknownMarch 17, 2016 at 9:52 AM

    gan mau nanya, gimana kalo dengan sistem multimedia wireless? makasih

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. UnknownOctober 8, 2018 at 9:00 AM

    izin copy buat makalah

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  3. Dede iip DeipzOctober 12, 2018 at 12:33 AM

    Thanks, ini sangat membantu saya untuk referensi mengerjakan tugas saya. Semoga sukses selalu untukmu, Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  4. Rodney TapleyJanuary 24, 2019 at 6:42 AM

    This is very interesting content! I have thoroughly enjoyed reading your points and have come to the conclusion that you are right about many of them. You are great. video production companies Miami

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  5. SEO ExpertJanuary 26, 2019 at 12:40 AM

    Positive site, where did u come up with the information on this posting? I'm pleased I discovered it though, ill be checking back soon to find out what additional posts you include. Fort Lauderdale videographer

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  6. RafiJanuary 26, 2019 at 6:05 AM

    Positive site, where did u come up with the information on this posting?I have read a few of the articles on your website now, and I really like your style. Thanks a million and please keep up the effective work. orlando video production

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  7. AkseosolutionsJanuary 27, 2019 at 12:27 AM

    I appreciated your work very thanks Video Production Tampa

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  8. AnonymousJune 2, 2022 at 10:51 PM

    pendik bosch klima servisi
    ümraniye vestel klima servisi
    kartal bosch klima servisi
    ümraniye bosch klima servisi
    kartal arçelik klima servisi
    ümraniye arçelik klima servisi
    pendik vestel klima servisi
    ataşehir bosch klima servisi
    ataşehir arçelik klima servisi

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN

YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN

Blog Archive

  • ▼  2013 (2)
    • ▼  October (2)
      • PENGANTAR SISTEM MULTIMEDIA
      • MY PROFILE

About Me

Unknown
View my complete profile

Total Pageviews

OSTRAMUSIC
Awesome Inc. theme. Powered by Blogger.